Minggu, 26 Mei 2013

Jama'ah yuk

malem buat kamu - kamu.


belum bisa tidur yaah ? sama deh.
belum tidur karena apa ? mikirin pacar yah ? atau mikirin tugas yg byk dan senin harus dikumpul.
               mending dengerin nih, gue pingin cerita nih apa yg gue dapet pas pesantren kkn kemarin, ceritanya tentang pentingnya berjama'ah di masjid bagi kaum lelaki, mungkin sekarang msh banyak banget yg shalat dirumah atau dikos para lelaki, kenapa penting karena shalat dirumah itu cuma dan khusus buat cewek, lagian kalau anda - anda cowok yg mau ngimamin anak orang anda harus shalat jama'ah dimasjid dlu, kalau anda belum shalat jama'ah dan masih shalat sendiri di kos anda belum pantes jadi imam. wah pas gue denger itu gue langsung teriris banget ya walau gue masih jomblo sih ahahahahh tapi kan gue pengen jadi imam yg baik bagi wanita yg gue cintai nanti. makanya sekarang gue selalu usahain sebisa mungkin shalat dimasjid,
            kita jalan menuju masjid aja ada pahalanya loh dan derajat kita semakin tinggi dimata Allah serta dkurangin dosa - dosa kita yang lalu, dan yang gue denger kemarin apabila datang sebelum atau saat adzan muka kita seperti cahaya matahari, datang sebelum iqamah cahaya muka kita seperti cahaya bulan, wah keren ga tuh? makanya mari kita berbondong - bondong ke masjid untuk memakmurkannya serta berjama'ah disana, hitung - hitung silahturahmi juga hehehe, dan tetep niatnya semata - mata untuk mengharapkan ridho Allah SWT.
nih kalau yang gue baca dan gue ambil dari mbah google :
        Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dalam shahihain, sampai pernah hendak membakar rumah para sahabat yang enggan berjamaah. Kisah ini seharusnya dapat membuka mata kita betapa pentingnya berjamaah dalam melaksanakan rukun Islam kedua ini.

Keutamaan Shalat Berjamaah
 berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Abu Hurairah
صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي الْجَمَاعَةِ تُضَعَّفُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ وَفِي سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا وَذَلِكَ أَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُخْرِجُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلَّا رُفِعَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ فَإِذَا صَلَّى لَمْ تَزَلْ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَلَا يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلَاةَ
“Shalat seorang laki-laki dengan berjama’ah dibanding shalatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudlu dengan menyempurnakan wudlunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan shalat berjama’ah, maka tidak ada satu langkahpun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya. Apabila dia melaksanakan shalat, maka Malaikat akan turun untuk mendo’akannya selama dia masih berada di tempat shalatnya, ‘Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia’. Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan shalat selama dia menanti pelaksanaan shalat.” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 649)
 dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:tDari Abu Musa
إِنَّ أَعْظَمَ النَّاسِ أَجْرًا فِي الصَّلَاةِ أَبْعَدُهُمْ إِلَيْهَا مَمْشًى فَأَبْعَدُهُمْ وَالَّذِي يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْإِمَامِ أَعْظَمُ أَجْرًا مِنْ الَّذِي يُصَلِّيهَا ثُمَّ يَنَامُ
“Manusia paling besar pahalanya dalam shalat adalah yang paling jauh perjalannya, lalu yang selanjutnya. Dan seseorang yang menunggu shalat hingga melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya daripada yang melakukannya (sendirian) kemudian tidur.” (HR. Muslim no. 662)
 dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:tDari Abu Ad-Darda`
مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ لَا تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ
“Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan shalat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (shalat) berjamaah, karena sesungguhnya srigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya).”(HR. Abu Daud no. 547, An-Nasai no. 838, dan sanadnya dinyatakan hasan oleh An-Nawawi dalam Riyadh Ash-Shalihin no. 344)

            Bukan gue gimana - gimana nih, tapi Rasulullah menerangkan bahwa hanya ada tiga hal yang dapat menjadi alasan bagi kita untuk meninggalkan shalat berjamaah; hujan deras, sakit, dan ketiduran. Di luar itu, beliau akan sangat murka melihat umat Islam menyepelekan shalat berjamaah.
                    Nah loh kalau Rasulullah dan ngomong kayak gitu masih nih kita para kaum lelaki menyepelekan shalat berjamaah dan memilih shalat sendirian. ayo mari berjamaah yuks!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar