Senin, 12 Mei 2014

KELOMPOK TERTIB

Telah lama hilang dari tempat yang selalu menerima curahan hati, kelu kesah dan perasaan-perasaan yang luar biasa, senang akhirnya kita bisa bersilahturahmi kembali blog...

minggu itu dengan semangat yang menggebu-gebu ku kuatkan tekat untuk melawan rasa kantuk yg selalu menjadi momok dipagi hari, air yang dingin tak memadamkan api semangat berbagi yang ada dalam diri ini. satu langkah telah kuhentakan untuk berjalan dan menuju suatu tempat yang luar biasa serta tempat yang selalu bisa bikin mood menjadi super happy.

ku pakirkan rapi motorku didepan apotik uii, ku duduk manis menikmati cerahnya pagi sembari menunggu anak-anak muda yang luar biasa yang punya semangat untuk membuat satu dampak yang luar biasa pada anak-anak di Turgo. satu persatu anak-anak muda yang luar biasa mulai berdatangan, suasana hangatpun tergambarkan oleh sapa dan cerita-cerita yang tertuang saat menunggu lainnya.

merasa cukup dengan teman-teman yg ada aku dan semuanya memutuskan melanjutkan langkah kami, langkah yang mungkin orang-orang bilang sangat jauh dan tak berujung. ya benar jarak menuju turgo benar-benar panjang dan seakan tak berujung, tapi bagi kami jalan itu tak ada artinya tak pernah ada keluh kesah dengan itu, semua menikmati jaraknya dan menikmati pemandangan yg ada serta keasrian yang diberikan disepanjang kanan dan kiri jalan.

setibanya disana wajah-wajah semangat, wajah-wajah ceria telah menyambut kami dengan penuh kehangatan, adik-adik turgo yang luar biasa yang telah merelakan waktunya demi bisa bermain, belajar dan berkumpul bersama kami.

Tema hari itu tentang sains tekologi, dan kebetulan aku menjadi pj kelompok 2. kelompok yang terdiri dari anak-anak yang luar biasa menurutku : uze, shinta, isti, risty, linda, dan amel. tugas pertama setiap kelompok adalah membuat yel-yel, disini aku memposisikan diriku sebagai teman dan sahabat mereka, saya tak menentukan yel-yel yg harus dipakai karena ini suatu kelompok semua berhak menentukan, aku dan anak-anak kelompok 2 berdiskusi yel-yel yang akan ditampilkan, banyak opsi yg ada didiskusi kecil kami utuk menentukan yel-yel yang ditampilkan tapi akhirnya setelah kesepakatan bersama kami kelompok 2 pun memilih yel-yel seperti ini :

disini senang disana senang...
kelompok 2 selalu senang...
belajar senang, bermain senang...
dimana-dimana selalu bersama...
la la la la la la la la la la la...
kelompok 2 semangaaaat...

setelah beradu yel-yel dengan kelompok lainnya mulai lah kegiatan inti hari ini tetang sains teknologi, pos ke 2 kebetulan yang pertama kami kunjungi, dipos ini anak-anak bereksperimen kenapa air tidak tumpah saat ditutup kertas dan dibalik, adik-adik kelompok 2 ini sangat atusias semua mencoba eksperimen ini bahkan ada yag sampai dua kali karena rasa ingin taunya. setelah adik-adik mecoba akhirnya kakak-kakak yang mejaga pos dua menjelaskan dan membagikan bacaan kenapa bisa tidak tumpah airnya, dan adik-adik kelompok 2 pun paham dan mengerti yag dijelaskan kakak-kakak pejaga pos 2.

setelah selesai di pos 2 kami semua melajutkan petualangan kami di pos 3, wow pos ini bernama pos gunung meletus, terlihat mereka antusias dipos 3 ini karena mereka dapat lihat gunung yang mengeluarkan dan menyemburkan larvanya yah walaupun cuma simulasi dari alat-alat sederhana hehehe. dan lagi disini kakak-kakak menjelaskan tentang materi di pos 3 sehingga bisa menyebabkan reaksi yang seperti itu.

petualang sains kamipun berlanjut di pos 3 dan pos ke 3 ini bertema tentang kerapatan, bagaimana sebuah telur bisa mengambang didalam air, anak-anak dikelompok 2 pun heran bagaimana bisa terjadi, ternyata hanya dengan garam, iya garam dicampur dengan air sehingga bertambahnya kerapatan didalam air yang membuat telur mengambang, sebuah ilmu yang dapat mereka lakukan sendiri dirumah.

setelah selesai semuanya anak-anak pun diberi istirahat sejenak sebelum cerdas cermat dimulai, ya nanti mc akan memberikan pertanyaan mengenai ke 3 pos yang telah mereka kujungin. sebelum lomba dimulai anak-anak dan kakak-kakak yang lain main dan foto-foto sementara anak-anak anggota kelompok 2 hanya duduk manis, aku mendekati dan bertanya kepada mereka, Kenapa kok ga ikut foto rame-rame disana ? mereka dengan lantangnya menjawab kita kan kelompok tertib mas biarin aja mereka main-main dan foto-foto, wow beruntung mendapatkan kelompok seperti mereka.

setelah anak-anak puas bermain akhirnya lomba cerdas cermat pun dimulai, disini setiap kelompok cepat-cepatan jawab pertanyaan yang diberikan, dan singkat cerita kelompok dua akhirnya yang menang meski mereka harus didorong dan diberikan semangat agar mau menjawab karena saat itu aku yakin mereka tau dan mereka paham tentang kegiatan hari ini dan kelompok ini medapatkan bintang sebagai sebuah penghargaan, tak salah mereka menyebut diri mereka KELOMPOK TERTIB






Tidak ada komentar:

Posting Komentar